Rabu, 27 Juni 2012

Contoh cara membuat RPP:

Contoh RPP:

 


KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran             : Bahasa Inggris
Satuan Pendidikan        : ……………………

Kelas/Semester             :  VII / 2

Nama Guru                     : Mustajab.SPd
NIP/NIK/NIM               : ………………………
Sekolah                          : ………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)
Sekolah / Madrasah                :
Mata Pelajaran                       :     Bahasa Inggris
Kelas/Semester                      : VII (Tujuh) / 2
Alokasi Waktu                        : 1 x 40 menit
Jenis teks                               :      Describing People
Skill                                        :    Speaking/berbicara
Standar Kompetensi:
4.  Mengungkapkan  makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk descriptive text untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan  sehari-hari.
Kompetensi Dasar
4.1 Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima  untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk descriptive.
Indikator
· Mengidentifikasi kosa kata yang tepat untuk mendeskripsikan gambar.
· Mendeskripsikan ciri – ciri fisik sesuai dengan gambar.
· Melengkapi percakapan pendek tentang describing people.
· Memperagakan percakapan tentang describing people.
A. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
· Siswa dapat mengidentifikasi kosa kata yang tepat untuk mendeskripsikan gambar.
· Siswa dapat mendeskripsikan ciri – ciri fisik sesuai dengan gambar.
· Siswa dapat melengkapi percakapan pendek tentang describing people.
· Siswa dapat memperagakan percakapan tentang describing people.
B. Materi Pembelajaran
How to describe person :
Picture :
appearances :
F man
F tall
F bright skin
F short  hair
F ouval face
Describe :
He is a man. He is tall. He has bright  skin. He has short hair and he has ouval face.
C. Metode Pembelajaran / Teknik         :
þ three-phase technique
D. Langkah-langkah Kegiatan
1. Kegiatan Pendahuluan
· Guru memberikan salam
· Guru mengajak berdoa terlebih dahulu sebelum belajar.
· Guru mengecek kehadiran siswa.
2. Kegiatan Inti
1.  Presentation
· Guru menanyakan teks deskriptif
· Guru dan siswa bertanya jawab terkait materi
2.  Practice
1. Guru memberikan penjelasan appearances, misalnya:  bald, curly, dark skin,ouval face
2. Guru memberikan penjelasan “how to describing people.”
Contoh mendeskripsikan seseorang :
Gambar
He is a man. He is tall. He has bright  skin. He has short hair and he has ouval face.
3. Tanya jawab tentang gambar.
4. Guru membagikan beberapa kartu bergambar kepada siswa, dan siswa maju ke depan untuk mendeskripsikannya.
3.   Production
1. Games. Membagi siswa menjadi  beberapa kelompok (tergantung jumlah siswa).
2. Memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk mendeskripsikan seseorang yang ada di gambar.
3. Menyuruh semua anggota kelompok untuk maju ke depan dan mendeskripsikan gambar tersebut.
4. Kelompok lain bergiliran maju ke depan dan seterusnya.
5. Kegiatan Penutup
1. Guru memberikan tugas(pekerjaan rumah) kepada siswa, mendeskripsikan salah satu
anggota keluarga mereka (ayah,ibu, kakak atau adik dsb) .
2. Siswa membuat kesimpulan.
3. Guru menutup pelajaran dengan berdoa.
E. Sumber Belajar
1. Buku yang relevan.
2. Gambar yang relevan.
F. Media Pembelajaran:
1. Picture
2. White-board
3. LCD Proyektor (jika dibutuhkan)
G. Penilaian
a. Technics : Tes Tertulis dan Lisan
b. Bentuk : performance
c. Instrumen Penilaian :
Describe the people  based on the role cards and perform it in the front of  the class.
H. Pedoman penilaian:
NO
ASPEK
NILAI
1.
Tata bahasa benar, kosakata benar, ejaan benar, tanda baca tepat.
20
2.
Tata bahasa benar, kosakata benar, ejaan benar, tanda baca kurang tepat tetapi tidak mempengaruhi makna.
15
3.
Tata bahasa benar, kosakata benar, ejaan benar, tanda baca kurang tepat dan mempengaruhi makna.
10
4.
Tata bahasa benar, kosakata benar, ejaan benar, tanda baca tidak  tepat dan sulit dimengerti.
5
5.
Tata bahasa benar, kosakata benar, ejaan benar, tanda baca tidak  tepat dan tulisan tidak berkembang.
0
Skor     = 20
Nilai      = Skor perolehan / skor x 100
Sleman, April 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata pelajaran
……………………………………… Mustajab.SPd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar