Smk Muhammadiyah 1 Baturetno adalah sekolah kejuruan yang dahulunya Smea Muhammadiyah 1 Baturetno seiring dengan perkembanganya berganti nama yang sekarang ini, yang beralamat di Jln Timur Masjid Agung Baturetno Wonogiri, yang di pimpin oleh kepala sekolah Bapak Sidiq Joko Prasetyo, merupakan bagian dari sayap organisasi yang di miliki Organisasi Muhammadiyah
Minggu, 24 Juni 2012
Teladan Bisnis Rasulullah(by: Muhammad Syafi’i Antonio)
Hampir tak terasa sudah lbh dari satu minggu orang-orang memperingati
Maulid Nabi besar Muhammad saw. Peristiwa bersejarah itu sudah berlalu
seakan tidak ada hubungan sama sekali dgn perekonomian dan kinerja
pembangunan kita. Karena memang menurut sebahagian orang apa kaitan
antara Rasul dgn ekonomi bisnis atau manajemen? Lebih dari itu ada yg
beranggapan bahwa ajaran nabi Muhammad saw adl sebagai faktor penghambat
pembangunan ekonomi dan aktivitas bisnis modern. Tulisan ini mencoba
mengemukakan bahwa Rasulullah saw telah memberikan contoh pola bisnis yg
luhur. Beliau mencontohkan bahwa kepercayaan adl modal yg paling
berharga dalam usaha. Bisnis harus dijalankan dgn value driven yg
bermanfaat utk semua stake holders dan harus gesit dalam melakukan
positioning di pasar global. Ia bukan jago kandang seraya meminta
proteksi cukai dan tax holiday. Dalam tataran individu Rasul juga
menganjurkan utk menjadi wiraswastawan tangguh dan manajer tepercaya.
Karier bisnisMengkaji pribadi Muhammad saw kita akan mendapatkan jiwa
entrepreneurship beliau sudah dipupuk sejak usia 12 tahun tatkala
pamannya Abu Thalib mengajak melakukan perjalanan bisnis ke Syam negeri
meliputi Syria Jordan dan Lebanon saat ini. Demikian juga sebagai
seorang yatim piatu yg tumbuh besar bersama pamannya beliau telah
ditempa utk tumbuh sebagai seorang wirausahawan yg mendiri. Maka ketika
pamannya tidak bisa lagi terjun langsung menangani usaha pada usia 17
tahun Muhammad saw telah diserahi wewenang penuh utk mengurusi seluruh
bisnis pamannya. Dari usia 17 hingga sekitar 20 tahun adl masa tersulit
dalam perjalanan bisnis Rasul krn beliau harus mandiri dan bersaing dgn
pemain pemain senior dalam perdagangan regional. Usia 20 hingga 25 tahun
merupakan titik keemasan entrepreneurship Muhammad saw terbukti dgn
terpincutnya hati perempuan konglomerat Makkah Khadijah Binti Khuwalaid
yg meminangnya utk menjadi suami. Setelah mendapatkan back-up financial
yg lbh mapan dari sang istri sepak terjang bisnis Muhammad saw semakin
meroket saja. Afzalurrahman dalam bukunya Muhammad as A trader mencatat
bahwa Nabi Muhammad sering terlibat dalam perjalanan bisnis ke berbagai
negeri seperti Yaman Oman dan Bahrain. Beliau mulai mengurangi kegiatan
bisnisnya ketika mencapai usia 37 tahun. Dari Usia ini ke 40 tahun
beliau lbh banyak terlibat dalam perenungan perbaikan masalah sosial
masyarakat sekitarnya yg jahiliyah. Keterampilan bisnis mempengaruhi
hukum bisnis Untuk keakuratan dalam mengamati perjalanan bisnis dan dakwah
Rasulullah ada baiknya kita perhatikan table diatas. Dari sederhana ini
ada dua hal yg patut kita cermati. Pertama waktu atau umur yg
dihabiskan Rasulullah saw utk bisnis ternyata lbh panjang dari umur
kenabiannya atau 25 tahun berbanding 23 tahun. Kedua Umur bisnis
ditambah “masa kepedulian sosial” yg jumlahnya sekitar 28 tahun
membentuk suatu business skill yg sangat penting bagi proses pengambilan
hukum hukum perdata dan komersial kelak kemudian ketika telah menjadi
Rasul. Pasar globalUntuk lbh detailnya mencermati visi dan strategi
bisnis Rasulullah ada baiknya kita kaji dgn seksama pasar pasar regional
yg sering kali dikunjungi Rasul dari bulan ke bulan dalam siklus
pameran dagang regional dan global saat itu. Dari sirah tampak jelas
bahwa Muhammad saw adl pemain bisnis yg tangguh yg senantiasa alert dgn
pasar pasar regional yg harus dikunjungi. Beliau menjemput bola
memperluas jaringan mencari produk terkini dan mencari mitra strategis
diberbagai kawasan dagang dan industri. Value driven businessSebagai
seorang calon rasul Muhammad saw telah menunjukkan keluhuran akhlak
sejak usia belia dan ini ia terapkan dalam dunia bisnis. Oleh krn itu ia
terkenal dgn julukan al-Amin atau Mr Clean. Setelah menjadi rasul
Muhammad saw dianugerahi sifat sifat yg mulia yg sangat kita butuhkan
dalam dunia bisnis dan ekonomi. Terapan dari sifat sifat tersebut dapat
kita rangkum sebagai berikut Dari business skills ke business
lawsMungkin ada sebagian yg berpendapat bahwa pengalaman dan teladan
bisnis Muhammad sebagian besar terjadi dan dilakukan jauh sebelum beliau
diangkat menjadi Rasul. Oleh krn itu teladan teladan bisnisnya belum
menjadi sunnah bagi kita. Pendapat ini akan kehilangan pijakannya
seadainya kita menelaah hukum dan sabda sabda Rasul yg berkaitan dgn
bisnis dan ekonomi. Sangat jelas sekali bahwa kejelasan Rasul dalam
memutuskan masalah bisnis dan ekonomi sangat banyak dipengaruhi oleh
kepiawaian dan intuisi bisnis masa mudanya. Tak ubahnya kalau kita
membandingkan antara seorang bupati yg pernah menjadi panglima
teritorial militer dan bupati yg berlatar belakang guru SLTA semata.
Maka mantan panglima teritorial akan mengetahui daerah territorial dan
bentuk bentuk kriminal daerah lbh tajam dari seorang pengajar sebuah
SLTA. Oleh krn itu business laws rasul yg sifatnya ijtihadi sangat
banyak dipengaruhi oleh pengalaman bisnis masa mudanya. Sebagai penutup
semoga saja kita bangsa Indonesia yg kini sedang terpuruk dalam semua
sisi dapat menjadikan momentum maulid tidak terbatas kepada ritual dan
seremonial semata. Tetapi lbh dari itu mampu menginternalisasikan nilai
nilai luhur profetik ke dalam kejujuran bisnis dan demokratisasi
pembangunan ekonomi.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar